7 Arti Nama Jalan Tol di Indonesia

Diposkan oleh ON THE SPOT : 7 Kejadian Langka dan Spektakuler di Seluruh Dunia on Rabu, 02 Januari 2013


Jalan Tol Purbaleunyi adalah jalan tol di Indonesia yang menghubungkan Purwakarta dan Cileunyi. Pada awal mulanya, jalan tol ini hanya terdiri dari ruas Padalarang - Bandung - Cileunyi saja, yang merupakan jalan lingkar selatan Bandung (dibangun pada tahun 2000-2001). Selanjutnya, pada tahun 2004-2005, pembangunan ruas Purwakarta - Padalarang dilaksanakan. Jalan tol ini merupakan kelanjutan dari Jalan Tol Jakarta - Cikampek. Perbatasan antara kedua jalan tol tersebut adalah di Simpang Susun Dawuan yang berada di Kilometer 67.

1. Cipularang


Ruas jalan tol : Cikampek - Purwakarta - Padalarang
Daerah : Jawa Barat
Panjang : 52 KM
Dibuat tahun : 2005

Jalan Tol Cipularang (CIkampek - PUrwakarta - PadaLARANG) adalah jalan tol di Indonesia yang menghubungkan kota Jakarta dan Bandung. Jalan tol ini selesai dibangun pada akhir April 2005. Tol ini membentang dari Cikampek - Purwakarta sampai Padalarang. Tol ini berada di pegunungan sehingga jalannya naik-turun dan juga mempunyai banyak jembatan yang panjang dan tinggi. Sehingga diperlukan kehati-hatian dan kewaspadaan yang tinggi dalam melintasi tol ini karena sering terjadi kecelakaan.


2. Padaleunyi


Ruas jalan tol : Padalarang - Cileunyi
Daerah : Jawa Barat
Panjang : 64,4 KM
Dibuat tahun : 1989 - 1992

Jalan Tol Padalarang-Cileunyi adalah jalan tol yang menghubungkan Jalan Tol Cipularang. Jalan tol ini adalah jalan lingkar selatan Bandung. Jalan tol ini tidak hanya menghubungkan Jakarta dengan Bandung tetapi juga Sumedang, Garut, Nagreg, Ciamis, dan Tasikmalaya. Jalan tol ini melintasi Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kota Bandung, dan Kabupaten Bandung.


3. Jakarta Merak


Jalan Tol Jakarta-Merak adalah jalan tol yang dibuat pada tahun 1984 setelah Jalan Tol Jagorawi pada tahun 1978. Jalan tol ini menghubungkan Jakarta dengan Pelabuhan Merak. Panjang jalan tol ini adalah 98 kilometer dan terbagi atas 2 bagian: Jalan Tol Jakarta-Tangerang dengan lajur 3×2 yang dikelola PT Jasamarga (Persero) dan Jalan Tol Tangerang-Merak dengan lajur 2×2 yang dikelola PT Marga Mandalasakti.


4. Jarang


Ruas jalan tol : Jakarta - Tangerang
Daerah : Jakarta - Banten
Panjang : 33 KM
Dibuat tahun : 1984 - 1992

Jalan Tol Jakarta - Tangerang adalah jalan tol yang menghubungkan Jakarta dan Kota Tangerang. Jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Jakarta-Merak (98 km). Kilometer 0 berada di Tomang, Jakarta Barat, dan berakhir di Kilometer 98 di Merak.


5. Tangerang - Merak


Ruas jalan tol : Tangerang - Merak
Daerah : Banten
Panjang : 75 KM
Dibuat tahun : 1985

Jalan Tol Tangerang-Merak adalah jalan tol yang menghubungkan Kota Tangerang dan Pelabuhan Merak. Jalan tol ini juga merupakan kelanjutan dari Jalan Tol Jakarta-Tangerang. Kilometer 0 berada di Tomang, Jakarta, dan berakhir di Kilometer 98 di Merak.


6. Jagorawi


Ruas jalan tol : Jakarta - Bogor - Ciawi
Daerah : Jakarta - Jawa Barat
Panjang : 59 KM
Dibuat tahun : 1973 - 1978

Jalan Tol Jagorawi adalah jalan tol pertama di Indonesia yang mulai dibangun pada tahun 1973, menghubungkan Jakarta-Bogor-Ciawi. Jalan tol ini dibangun dengan biaya Rp350.000.000,00 per kilometer pada kurs rupiah ketika itu. Jalan tol Jagorawi dikelola oleh PT. Jasa Marga Indonesia. Jagorawi sendiri merupakan singkatan kata dari (Ja)karta - Bo(gor) - Ci(awi). Jalan tol ini melintasi Kota Jakarta Timur, Kota Depok, Kabupaten Bogor, dan Kota Bogor.


7. Japek


Ruas jalan tol : Jakarta - Cikampek
Daerah : Jakarta - Jawa Barat
Panjang : 72 KM
Dibuat tahun : 1988

Jalan Tol Jakarta-Cikampek adalah sebuah jalan tol dari Cawang, Kramat Jati, Jakarta Timur menuju Cikampek, Karawang. Jalan tol ini melintasi Kota Jakarta Timur, Kota dan Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, dan Purwakarta.