7 Tempat Menyelam Terbaik di Indonesia

Diposting oleh Unknown on Rabu, 02 Januari 2013


Indonesia terkenal sebagai salah satu tujuan wisata bahari terbaik di dunia. Rumah bagi ribuan spesies terumbu karang dan ikan di Dunia. Semoga dengan thread ini, kita semua bisa mengenal lebih jauh keindahan dasar laut di Indonesia. Berikut 7 tempat menyelam terbaik di Indonesia.

1. Kepulauan Komodo


Pulau Komodo memberikan pemandangan yang diinginkan setiap penyelam di dunia. Dari terumbu karang yang dipenuhi ratusan ikan berwarna-warni di perairan dangkal yang tenang, hingga arus di laut dalam yang dilewati hiu, tuna, dan ikan besar lainnya. Berbagai biota laut di Pulau Komodo menjadikannya salah satu tujuan scuba diving terbaik di Dunia. Dari hiu paus, sunfish, pari manta, pari elang, kuda laut kerdil, clown frogfish, dan gurita cincin biru. Semua berada di terumbu karang yang berwarna-warni, bagaikan di surga!
Pulau ini juga terkenal sebagai habitat kadal komodo, kadal terbesar di dunia yang dapat tumbuh mencapai 2,5 meter dan 125 kg.


2. Kepulauan Bunaken


Menyelam di Pulau Bunaken, Manado. Seperti menyelam di antara Keanekaragaman hayati tertinggi di dunia, dengan berbagai jenis ikan dan terumbu karang kelas dunia. Saat menyelam di sini, anda dapat melihat 7 kali lebih banyak terumbu karang daripada di Hawaii, 33 spesies butterflyfish dan lebih dari 70% spesies ikan yang berada di Indo-Pasifik Barat. Dari udang kecil, hingga hiu sirip hitam dan pari elang. Di sini, anda dapat benar-benar melihat perbedaan!


3. Kepulauan Raja Ampat


Terletak di bagian ujung barat laut Semenanjung Kepala Burung di pulau Raja Ampat, atau Empat Raja. Menurut Buletin Conservation International Rapid Assessment, keragaman hayati laut untuk menyelam di Irian Jaya jauh lebih banyak dari semua daerah lain di dalam segitiga terumbu karang Indonesia, Filipina, dan Papua Nugini. Lebih dari 1200 spesies ikan, 600 jenis karang, 699 spesies moluska. Gampangnya, jika anda tidak menikmati menyelam di sini, lebih baik jual saja peralatan menyelam anda!


4. Kepulauan Bali


Salah satu pulau terindah di dunia, bali adalah tujuan wisata menyelam di Indonesia. Yang terbaik dari menyelam di Bali adalah keanekaragaman hayati yang kaya, terumbu karang yang berwarna-warni. Cukup untuk membuat anda ingin datang kembali.


5. Kepulauan Sumbawa & Flores


Menyelam di Flores memberi Anda kesempatan yang sempurna untuk menambahkan pengetahuan tentang ikan kecil dan hewan air. Walau efek dari memancing dengan bom dan tsunami pada tahun 1992 telah merusak sebagian daerah, tetapi regenerasi terumbu karang yang baik telah membuat berbagai jenis karang lebih banyak tumbuh. Menawarkan air yang sebening kristal, gelembung uap gunung bawah laut, berbagai macam ikan karang, gurita cincin biru, tuna, hiu karang. Cukup membuat anda untuk mengeksplorasi lebih dalam!


6. Kepulauan Lombok


Beberapa orang mengatakan telah melihat semuanya, padahal mereka tidak. Lombok menawarkan pengalaman menyelam yang spektakuler dengan terumbu karang yg masih belum tersentuh dan 100% utuh. Rumah bagi berbagai jenis ikan. Menyelam ke perairan dalam dan terpesona oleh berbagai kura-kura, Hiu karang sirip putih, Hiu palu, Sotong, Belut Moray, kakap, pari Manta, pari Elang dan banyak lagi. Membuat Anda takjub dari awal sampai akhir.


7. Kepulauan Bangka Belitung


Menawarkan lebih dari 25 titik penyelaman dengan lereng yang dipenuhi terumbu karang, deretan batu karang yang membentuk formasi yang luar biasa. "menakjubkan" dan "mengagumkan" adalah kata-kata yang sering terdengar di kapal setelah penyelaman.